Tahun Baru Islam 1 Muharram 1443, Prajurit Korem 073/Makutarama Hijriah dengan Do’a Bersama 

Tahun Baru Islam 1 Muharram 1443, Prajurit Korem 073/Makutarama Hijriah dengan Do’a Bersama 
Prajurit Korem 073/Makutarama Menggelar Acara Ceramah dan do’a Bersama Tahun Baru Hijriah 1 Muharram 1443

SALATIGA - Menyambut tahun baru Hijriah 1 Muharram 1443, prajurit Korem 073/Makutarama menggelar acara ceramah dan do’a bersama yang dipimpin langsung oleh Pelda KH. Tri Yunianto, S.Sy.M.E., bertempat di Masjid At-Taqwa Makorem 073/Makutarama Jl. Diponegoro, No. 28 Salatiga, Jawa Tengah. Kamis (19/08/2021).

Acara ceramah dan Do’a bersama yang dilaksanakan setelah sholat Zuhur berjamaah dihadiri oleh Danrem 073/Makutarama Kolonel Arm Putranto Gatot Sri Handoyo S.Sos., M.M., Kasrem Letkol Czi Hendro Edi Busono, para Kasi, Pasi, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 073 PD IV/Diponegoro, Ibu Wakil ketua, pengurus Persit serta anggota dan PNS Korem 073/Makutarama.

Dalam sambutannya, Danrem menyampaikan, selaku Komandan Korem 073/Makutarama dan pribadi mengucapkan terima kasih kepada Bapak K.H. Pelda Tri Yunianto, S. Sy, ME., yang berkenan memberikan ceramah tentang peristiwa agung dan istimewa tentang Hijrahnya Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam dari kota Mekah menuju Madinah yang dijadikan sebagai tonggak sejarah awal tahun bagi penanggalan hijriah.

Peringatan tahun baru Islam 1 Muharam 1443 H/2021 M, kita laksanakan dengan maksud untuk mengenang dan mengingat kembali serta dapat diambil hikmah dari peristiwa bersejarah penting bagi umat Islam, yaitu hijrahnya Nabi Muhammad SAW beserta para pengikutnya dari Kota Mekkah ke Kota Madinah pada Tahun 622 Masehi yang penuh dengan perjuangan dan tekad yang kuat dalam melawan kaum Quraish serta menentukan kota Madinah sebagai kota fase perkembangan Islam.

Peringatan tahun baru Islam 1 Muharram 1443 H/2021 M kali ini selaras dengan tema “Jadikan Hikmah Tahun Baru Islam 1443 H/2021 M Sebagai Momentum Peningkatan Nilai-Nilai Spiritual Personil TNI AD Menuju Insan Beriman dan Bertakwa di Tengah Pandemi Covid-19”.

Dalam ceramahnya Pelda KH. Tri Yunianto, S.Sy.M.E., menyampaikan tentang keistimewaan puasa dan peristiwa luar biasa yang terjadi pada bulan Muharram diantaranya, umat Islam mengenal puasa 10 Muharram atau lebih di kenal puasa Asyura.

Sebagai bulan pertama dalam kalender Hijriah, puasa Muharram menyimpan berbagai keutamaan, puasa ini menjadi salah satu puasa sunnah yang di contohkan oleh Rasulullah SAW. 

“Sebagaimana kita ketahui, bulan Muharram adalah salah satu bulan yang mulia diantara bulan-bulan lainnya, terkhusus pada hari Asyura atau 10 Muharram”, terang K.H. Tri Yunianto. Sumber Penrem 073/Makutarama.

(Editor JIS: AGUNG)

Salatiga Jateng
Agung Widodo

Agung Widodo

Previous Article

Korem 073/MKT Adakan Pelatihan Komputer...

Next Article

Tahun Baru Islam 1 Muharram 1443, Prajurit...

Related Posts

Jurnalis

Profle

Agung Widodo verified

Follow Us

Recommended Posts

Kasdam IV/Diponegoro Pimpin Sidang Parade Cata PK TNI-AD Gel. II TA 2021 Panda IV/Diponegoro
Diduga Ada Permainan, BNI Tunjuk Perangkat Desa Jadi E- warung di Kabupaten Semarang
Diduga Langgar Pedum, Beredar E-warung Siluman di Kabupaten Semarang
Pangdam IV/Diponegoro Dampingi Jokowi Kunker di Malioboro Yogyakarta
Usai Kunjungan Dari Bali, Presiden Bertolak Ke  Daerah Istimewa Yogyakarta